Kembali ke Intisari News
August 04, 2023
Kematian dalam Suasana Bulan Madu
Kematian dalam Suasana Bulan Madu
Kematian dalam Suasana Bulan Madu (INTISARI)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Detektif H.G. Julian ditugaskan oleh perusahaan asuransi mengusut kasus pembayaran asuransi suami seorang janda muda bernama Emilie. Ada kecurigaan, korban mati karena diracun.

----------

Tugas pengusutan yang dibebankan kepada detektif H.G. Julian oleh perusahaan asuransi Mutual Life of New York pada bulan Maret 1892, semula tampaknya tidak akan terlalu sulit penyelesaiannya. Beberapa data jelas dapat dijadikan titik tolak. Dan Julian seorang detektif yang banyak pengalaman di bidang perasuransian — pengalaman yang menanamkan padanya sikap aneh, yaitu curiga terhadap setiap orang, betapa jujur pun kelihatannya apabila orang itu mempunyai sangkut paut dengan pembayaran asuransi.

Soalnya sebagai berikut. Seorang janda muda yang sedang mengandung 6 bulan, minta pembayaran asuransi suaminya pada Mutual Life — salah satu perusahaan asuransi yang terbesar di Amerika Serikat di waktu itu. Emilie, demikian nama wanita tersebut, rupanya sebelum menikah resmi, telah menjalin hubungan cinta dengan almarhum suaminya, Gustave Joseph Baum. Ketika mereka menikah, kandungan Emilie telah berumur lebih dari 4 bulan.

Pada Mutual Life, Joseph Baum mengasuransikan diri lewat sebuah kantor cabang perusahaan tersebut di Chicago, yaitu pada tahun 1891, kira-kira 9 bulan sebelum meninggal. Ketika itu Baum menyalakan umur 40 tahun dan masih bujangan. Sebagai pewaris dalam polisnya tercantum “Estate”, tetapi kemudian diganti dengan kata-kata “Emilie Rathier Baum, Istri”, yaitu setelah Baum mengakhiri hidupnya membujang. Jumlah uang asuransi $ 3.500.

Perkawinan dilangsungkan di Chicago tanggal 11 Februari 1892. Temanten baru itu kemudian berbulan madu dan mampir di New York karena Joseph Baum mempunyai sesuatu urusan dagang di situ. Pada waktu inilah Baum meninggal — hanya satu setengah bulan setelah menikah.

Sebelum membayar uang, Mutual Life merasa perlu mengadakan penyelidikan. Dan ternyata bahwa Baum diasuransikan di beberapa perusahaan lain, yaitu pada Washington Life banyak $ 1.000, pada New York Life sebanyak $ 1.000 pada Aetna sebanyak $ 1.000 pula. Washington Life dan New York Life telah membayarkan uangnya, sedangkan pada Aetna prosedur yang mendahului pembayaran telah selesai, dan uang sudah siap untuk diambil oleh Emilie. Anehnya lagi pada semua perusahaan itu Baum belum lama mengasuransikan diri.

Keseluruhan data-data itu menimbulkan kecurigaan. Maka Mutual Life menugaskan H.G. Julian mengadakan pengusutan.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.