Kembali ke Intisari News
August 29, 2023
Charles Richardson Coy
Charles Richardson Coy
Charles Richardson Coy (INTISARI)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Charles Richardson sering melakukan tindakan kriminal. Karena ancaman dan kekerasan, para korban tidak ada yang berani melapor. Sayangnya ia tidak selalu beruntung.

----------

Tewasnya Thomas Homes Waldeck pada hari 29 Juni 1965 ternyata hanyalah bagian yang kecil dalam rangkaian tindakan kriminal yang dilakukan oleh Charles Richardson Coy di Inggris. Meski disebut “kecil”, itu peristiwa itu termasuk yang paling penting. Thomas Homes Waldeck adalah seorang pengusaha pertambangan di Melrose, Johannesburg, Afrika Selatan.

Dengan disebutkannya nama dua negara, bisa diketahui betapa luasnya daerah operasi aktivitas kejahatan itu. Jelasnya, perkara pembunuhan Waldeck di Afrika Selatan mulai terungkap di Welwyn, Hertfordshire, Inggris.

Pada tanggal 8 Oktober 1965, seseorang bernama James Taggart memasuki Pos Polisi Welwyn. Dalam pengakuannya yang disampaikan kepada petugas Gerald McArthur, Taggart mengemukakan bahwa ia pernah berurusan bisnis dengan Charles Richardson. 

Menurut Richardson, kata Taggart, Taggart masih berutang padanya sebanyak 1.200 pound. Di bulan Juli 1965, ia diundang oleh Richardson untuk membicarakan sesuatu. Ternyata saat bertemu, Taggart ditelanjangi, diikat pada kursi, dan dipukuli. Masih untung Taggart hidup dan selamat. Ketika penyiksaan selesai, Taggart dipaksa pula untuk membersihkan darahnya di tempat itu.

Sejak itu Taggart hidup dalam ketakutan, jangan-jangan kaki tangan Richardson akan menyerangnya lagi. Ketika itu McArthur sebenarnya sudah mendengar desas-desus mengenai adanya geng Richardson di London dan semua kejahatannya. Keterangan Taggart memperbanyak dan memperluas bahan informasi mengenai Richardson yang ada pada McArthur.

Mata rantai kejahatan Richardson di atas itu — sebut saja kasus Taggart — barulah saya ketahui ketika McArthur mengemukakan hal tersebut dalam pertemuan antara polisi dan Scotland Yard menjelang Natal 1965. Kasus Waldeck saya ketahui dari Inspektur Kepala Detektif Arthur Rees yang pernah menginterogasi orang yang terbukti membunuh Waldeck di Johannesburg.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.