Kembali ke Intisari News
July 28, 2023
Menggulung Komplotan Heroin dari New York sampai Istanbul
Menggulung Komplotan Heroin dari New York sampai Istanbul
Menggulung Komplotan Heroin dari New York sampai Istanbul (Intisari)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Sepasang kekasih dari Amerika ditangkap karena menjual obat bius heroin. Polisi sampai harus menyamar sebagai pedagang gelap dan harus mengimpor heroin sendiri.

----------

Kisahnya bermula di Los Angeles. Tanggal 11 Januari 1965 seorang warga negara Amerika bernama Louis Berteloni dan pacarnya Sheila Ann Greenlee, ditangkap karena kedapatan menjual obat bius jenis heroin. 

Pemeriksaan oleh polisi membuktikan bahwa Sheila Greenlee selama bulan-bulan terakhir seringkali mondar-mandir ke Detroit. Gadis itu memang lama tinggal di kota terakhir ini. Ia anak perempuan seorang imigran Arab. Umur 18 tahun Sheila pindah ke Los Angeles. Sementara itu orang tuanya sudah meninggal dan Sheila sudah tidak punya sanak saudara lagi di Detroit.

Lalu siapa yang dikunjungi gadis itu dalam perjalanan berkali-kali ke kota tersebut? Mungkin agen-agen kecil obat bius? Polisi Bagian Narkotika bertekad membekuk mata rantai mata rantai berikutnya dalam deretan pedagang-pedagang obat bius. Untuk itu mereka minta bantuan seorang spesialis obat bius, Buck Burhan.

Detektif ini berdarah Timur, lancar berbahasa Turki dan Arab disamping fasih pula bahasa Perancis dan Spanyol. Maka ia dianggap orang yang paling tepat untuk pekerjaan pengusutan yang mungkin memerlukan pergaulan erat dengan berbagai pendatang asing.

Bagi “B.B.” — demikian Buck Burhan biasa disebut oleh rekan-rekannya — bukan tugas sederhana menemukan relasi Sheila di antara 2 juta penduduk Detroit. Sementara itu polisi berhasil menemukan sedikit madat (opium) pada salah satu kenalan Louis Berteloni yang bernama Chris Forbes. Madat dikirim ke laboratorium untuk diteliti bagaimana perbandingan bahan-bahan yang disebut alkaloide di dalamnya — yaitu codein, morfin, narkotin dan thebain. Dari susunan alkaloide itu bisa ditarik kesimpulan dari mana asal madat, dari Asia ataukah Amerika.

Mengenai madat yang ditemukan pada Chris Forbes, jelas bahwa itu berasal dari Timur Dekat. Mungkin sekali obat bius  itu masuk Amerika lewat orang-orang Arab, kenalan dan sahabat Sheila Greenlee di Detroit.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.