Kembali ke Intisari News
April 06, 2023
Petualangan Sang Belalang
Petualangan Sang Belalang
Petualangan Sang Belalang (INTISARI)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Lim Chuen, yang dijuluki sang belalang, kerap dituduh melakukan pembunuhan keji dan penyelundupan. Beberapa kali ia mampu berkelit, namun untuk yang terakhir, ia terpaksa menyudahinya sendiri.

---------

Saya terbang dari Bangkok ke Singapura untuk urusan bisnis, sebagai pengacara sebuah kiriman partai besar susu kalengan diterima oleh klien saya dalam keadaan buruk, sehingga tak mungkin bisa dijual. Ini berarti kerugian sebesar beberapa ribu ponsterling bagi pembelinya. 

Kongsi Amerika yang menjual barang itu menyatakan sangat terkejut dan heran mengenai peristiwa ini. Susu itu dalam keadaan baik dan baru saja dikalengkan ketika dikirimkan dari Singapura. Bagaimana mungkin barang itu sudah rusak dan tak bisa dipergunakan setibanya di Bangkok empat hari kemudian? Bagaimana juga ketika kami mencoba membuka sejumlah contoh, empat di antara lima kaleng meledak dan mengeluarkan bau busuk serta cairan kuning kotor.

Klien saya ini seorang Tionghoa. Ia tidak menginginkan keterlambatan yang cukup lama jika ia mengajukan tuntutan di Bangkok. Maka ia mencoba menyelesaikan persoalannya di kantor penjualnya di Singapura. Dia beranggapan bahwa suatu kunjungan mendadak tanpa pemberitahuan dulu oleh pengacara Inggris kenamaan Gerald Sparrow akan menghasilkan penyelesaian yang lebih cepat dan memuaskan. Ia memang benar. Saya membawa setengah lusin kaleng susu dan meminta agar dibuka di depan direktur perusahaan ternama yang menjualnya. Saya anggap tindakan ini memang bersifat untung-untungan. Apa yang akan terjadi kalau ternyata bahwa ada bagian yang baik dalam kiriman itu dan contoh yang saya bawa itu berasal dari bagian yang baik itu? Saya bisa membayangkan senyum kemenangan pada lawan saya. Tetapi ternyata nasib saya cukup mujur, setiap kaleng yang dibuka meledak dengan menyemburkan cairan susu rusak yang berbau busuk.

Mereka bertanya persoalan ini menyangkut uang berapa banyak. Saya menunjukkan nota pengiriman. Jumlahnya 4.890 ponsterling. Di samping itu klien saya harus membayar bea masuk sebesar 680 pon. Di samping itu pula ia kehilangan banyak langganan karena peristiwa itu.

“Berapa yang Anda tuntut?” 

“7.000 pon.” 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.