Kembali ke Intisari News
August 03, 2022
Berlutut Sebelum Dibunuh
Berlutut Sebelum Dibunuh
Berlutut Sebelum Dibunuh (Alexandre van Thuan)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Tom Cooley pengunjung setia sebuah perpustakaan. Suatu hari ia tidak datang dan ditemukan meninggal di kubangan, disusul 2 korban lain.

-------------------

Tak pernah bosan Susan Marsh membereskan buku-buku di rak. Buku dan rak yang dilihatnya saban hari. Rambutnya yang merah tergerai indah, bergerak ke sana kemari. Untuk ukuran kota kecil Northfield, wajahnya lumayan ayu. Karyawati perpustakaan swasta Flora Sloan itu sangat populer di kalangan para kutu buku. Pembawaannya yang ramah dan murah senyum menjadi trademark yang membuat orang betah berlama-lama ngobrol dengannya.

Sayangnya, beberapa hari terakhir keceriaan Susan agak terganggu. Salah satu konco kutu bukunya, Tom Cooley, raib entah ke mana. Susan merasakan sesuatu telah terjadi pada anak petani berusia 17 tahun, yang biasa dipanggil Tommy itu.

“Selama ini ia tak pernah terlambat mengembalikan buku,” bilang Susan pada dirinya sendiri. Terbayang badan Tommy yang bongsor, tapi lamban seperti John, ayahnya. Juga sorot matanya yang tajam, mirip sorot mata Sarah, ibu Tommy, yang meninggal akibat pneumonia pada musim dingin tahun lalu. 

Sejak kematian Sarah, John Cooley dan Tommy hidup dalam kepedihan. Namun, Susan tahu betul, mereka saling menyayangi, melebihi apa pun yang mereka miliki. Kasih sayang itulah yang membuat mereka perlahan dapat kembali hidup normal. Tommy bahkan mengaku tidak meneruskan kuliah, karena tidak ingin meninggalkan ayahnya sendirian. “Kalaupun ayah mengizinkan, saya tak bisa begitu saja menerimanya,” cetusnya.

“Tapi suatu saat nanti, kamu harus siap meninggalkan semuanya, Tom,” ujar Susan suatu kali. “Entahlah. Untuk saat ini saya belum sanggup berpisah dari Ayah,” jawab Tom. Susan menatap bocah di hadapannya dengan mata berkaca-kaca. “Kamu benar-benar anak baik, Tom,” batinnya berucap.

 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.