Kembali ke Intisari News
May 11, 2023
Cincin yang Mengungkapkan Rahasia
Cincin yang Mengungkapkan Rahasia
Cincin yang Mengungkapkan Rahasia (INTISARI)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Suatu hari Nyonya Holzmann dilaporkan menghilang. Saat diselidiki, beberapa barang berharganya pun turut raib. Penyelidikan menuntun polisi pada pelaku yang ternyata penyewa rumahnya.

---------------

Tahun 1821 di kota Augsburg, seorang buruh harian bernama Maria Anna Holzmann yang berusia 55 tahun, menyewa sebagian rumah tukang sepatu Schicht. Bagian rumah itu disewakan lagi oleh wanita ini kepada orang lelaki bernama Georg Rauschmaier dan Joseph Steiner. Di sana mereka hanya tidur saja.

Pada hari Jumat sebelum Paskah Nyonya Holzmann menghilang tanpa memberitahu ke mana ia pergi kepada kedua pria tadi. Juga kepada pemilik rumah yang tinggal di seberang jalan. Rauschmaier memberi keterangan bahwa beberapa hari kemudian ia membereskan kamar-kamar yang ditinggalkan hari Jumat pagi-pagi sekali oleh nyonya rumah. Semua kunci rumah ditinggalkan.

Baru pada tanggal 17 Mei pemilik rumah melapor pada polisi bahwa penyewa rumah tidak ada di tempat. Diadakanlah penggeledahan rumah bersama dengan abang dan ipar orang yang dicari. Maka menurut kerabat Nyonya Holzmann, beberapa barang milik wanita itu tidak ada. Kemudian terbukti bahwa yang hilang kebanyakan yang paling berharga. Nyonya Holzmann meskipun mendapat tunjangan dari pemerintah, memiliki pakaian yang baik dan barang-barang lain.

Orang menyangka bahwa ia mempunyai uang tabungan berjumlah bresar tetapi ini tidak benar. Mereka yang ikut membuat inventaris diganggu oleh bau tidak sedap. Bau itu terbukti datang dari pispot-pispot penuh di kamar kedua penyewa.

Baik penyelidikan polisi dan juga pemeriksaan pengadilan tidak membawa hasil. Abang kandung Nyonya Holzmann menyatakan bahwa mungkin adiknya pergi ke tempat lain lalu bunuh diri. Mungkin karena ia telah meminjamkan uang dengan bunga yang tinggi dan tidak mendapatkan uang kembali untuk membayar sewa rumah. Pada waktu itu orang jarang memikirkan pembunuhan

Rauschmaier, yang pada tanggal 23 Juni didengar kesaksiannya menyatakan di bawah sumpah, bahwa wanita itu telah pergi pada hari Jumat sebelum Paskah. Menurutnya, ia ditemani seorang wanita yang tidak dikenal dan tidak kembali lagi. Rauschmaier tidak tahu ke mana keduanya pergi atau apa yang terjadi dengan kedua wanita itu.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.